Berikut Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan Tubuh

  • Bagikan
obat tradisional
Bawang putih merupakan salah satu jenis rempah tidak hanya sebatas bumbu penyedap, bawang putih juga memiliki sederet manfaat bagi kesehatan/Foto : Istimewa

JAKARTA, ZOZ.MY.ID – Bawang putih merupakan salah satu jenis rempah yang sering digunakan di Indonesia sebagai bahan untuk menambah cita rasa suatu masakan. Jenis bawang yang satu ini memiliki rasa yang khas, sehingga tidak pernah ketinggalan dalam setiap olahan makanan. Bawang putih telah lama kita gunakan sebagai penyedap berbagai masakan, baik ditumis atau dibakar. Ternyata, tidak hanya sebatas bumbu penyedap, bawang putih juga memiliki sederet manfaat bagi kesehatan.

Berikut ini beberapa manfaat dari bawang putih:

1. Menurunkan Tekanan Darah

Salah satu manfaat bawang putih untuk kesehatan adalah dapat menurunkan tekanan darah. Hal ini telah mereka buktikan oleh penelitian yang Journal of Nutritional Biochemistry publikasikan.

Riset yang mereka lakukan di Ankara University tersebut menemukan, setelah empat bulan penelitian, para responden yang mengonsumsi suplemen ekstrak bawang putih mengalami penurunan tekanan darah secara signifikan.

2. Menurunkan Kolesterol

Penelitian yang sama menemukan adanya perbaikan profil kolesterol pada orang yang rutin mengonsumsi bawang putih. Kendati begitu, manfaat bawang putih yang satu ini masih membutuhkan penelitian lebih lanjut.

3. Menjaga Kesehatan Jantung

Khasiat bawang putih lainnya, yaitu dapat melindungi penderita diabetes dari kardiomiopati (penyakit kronis pada otot jantung).

Fakta yang satu ini kita dapat dari riset yang dipublikasikan di Journal of Agricultural and Food Chemistry.

Penelitian tersebut menyebutkan bahwa diallyl trisulfide, suatu komponen yang terdapat dalam minyak bawang putih, dapat menyehatkan jantung.

4. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Konsumsi bawang putih kita anggap berpotensi dalam meningkatkan imunitas tubuh. Namun, manfaat yang satu ini masih membutuhkan penelitian lebih lanjut.

Selain memanfaatkan bawang putih, sangat penting untuk mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang agar kebutuhan nutrisi tubuh dapat terpenuhi dengan baik.

5. Mencegah Flu

Anda sering terkena sakit flu? Cobalah mengonsumsi bawang putih.

Dari studi yang American Family Physician publikasikan, konsumsi rutin bawang putih dapat mengurangi frekuensi penyakit influenza sekaligus mencegahnya.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *