Berikut Cara Mengobati Sakit Diare dengan Cepat

  • Bagikan
penyakit
Hampir setiap orang pernah mengalami diare, Keluhan yang sering kali disertai dengan nyeri perut, perut kembung, dan demam/Foto : Istimewa

JAKARTA, ZOZ.MY.ID – Hampir setiap orang pernah mengalami diare. Keluhan yang sering kali disertai dengan nyeri perut, perut kembung, dan demam. Bila Anda tidak cepat mengobatinya, diare dapat menyebabkan berbagai komplikasi. Salah satunya adalah dehidrasi atau kekurangan cairan tubuh.

Bila tidak segera kita tangani, dehidrasi bisa berakibat fatal, bahkan bisa berujung pada kematian.

Cara mengobati

Tidak melulu melibatkan perawatan secara intensif di rumah sakit. Pada kasus diare ringan yaitu keluhan yang sering kali disertai dengan nyeri perut, perut kembung, dan demam, pengobatan dapat kita lakukan di rumah.

Berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan jika Anda atau anggota keluarga lain mengalami diare.

1. Banyak Minum Air

Anak-anak dan orang tua merupakan kelompok umur yang rentan mengalami dehidrasi akibat diare.

Untuk itu, ketika mengalami diare, menjaga tubuh agar tidak kekurangan cairan sangatlah penting.

Cara menghilangkan salah satunya dengan memperbanyak konsumsi cairan seperti air putih, jus, dan sup ayam tanpa lemak.

Anda bisa juga mengonsumsi oralit atau cairan dengan kandungan elektrolit lainnya yang dijual secara bebas di pasaran.

Usahakan sedikitnya mengonsumsi 8 gelas cairan per hari. Namun, jika Anda memiliki gangguan jantung, ginjal, dan hati, sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter mengenai jumlah asupan cairan tambahan ini.

Hindari minum alkohol, susu, minuman bersoda, atau minuman yang mengandung kafein karena dapat memperparah gejala yang Anda rasakan.

2. Konsumsi Probiotik

Probiotik merupakan sumber bakteri baik yang bekerja di saluran usus. Probiotik membantu menjaga kesehatan usus agar terhindar dari infeksi.

Karena itu, menambah asupan probiotik dapat menjadi cara untuk mengobati diare. Probiotik bekerja dengan menyeimbangkan bakteri di usus.

Ada beberapa jenis probiotik yang bisa diperoleh dari makanan yang difermentasi, seperti tempe, misokimchi, keju, yoghurt, kombucha, dan lainnya.

Selain bersumber dari makanan, probiotik juga bisa ditemukan dalam bentuk suplemen. Sebelumnya, Anda sebaiknya berkonsultasi dulu dengan dokter.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *