5 Penyebab Cegukan dan Cara Mengatasi dengan Cepat

  • Bagikan
cegukan
Cegukan dikenal dengan synchronous diaphragmatic flutter (SDF) atau singultus, terjadi saat diafragma tiba-tiba berkontraksi tanpa disengaja/Foto : Istimewa

JAKARTA, ZOZ.MY.ID РCegukan seringkali terjadi secara tiba-tiba dan mengganggu. Berikut penyebab cegukan dan cara menghilangkan dengan cepat. Saat pertama kali terjadi, kerap dianggap lucu. Namun ketika mulai sering ini bukan hal yang bisa ditertawakan karena bisa jadi tanda masalah serius. Secara medis, cegukan dikenal dengan istilah synchronous diaphragmatic flutter (SDF) atau singultus. Dan terjadi saat diafragma tiba-tiba berkontraksi tanpa disengaja. Pada saat yang sama, kotak suara berkontraksi dan pita suara menutup yang dapat menghalangi aliran udara.

Cegukan atau Synchronous Diaphragmatic Flutter bisa terjadi pada siapa saja, pada segala tingkat usia dan jenis kelamin. Dan pada umumnya dapat hilang dengan sendirinya tanpa memerlukan bantuan medis.

Sebagaimana dilansir Mayo Clinic, bahkan dalam beberapa kasus, cegukan mungkin merupakan tanda dari suatu kondisi medis.

Apa sebenarnya penyebab cegukan? Berikut beberapa hal yang bisa jadi penyebabnya.

1. Makan terlalu banyak atau terlalu cepat

Makan dan minum terlalu cepat sering kali menjadi penyebab utama cegukan. Mudah menghindari situasi ini, makan perlahan dan berhenti ketika Anda sudah kenyang.

Selain itu, menghindari makanan pedas dan minuman berkarbonasi juga bisa menjauhkan Anda dari cegukan.

2. Gugup

Menurut Men’s Health, saat gugup misal karena harus berbicara saat presentasi Anda bisa mengalami cegukan. Cobalah lebih santai dan hindari minum kafein, karena kegelisahan hanya akan memperburuk perasaan gugup.

3. Iritasi saraf

Bisa jadi cegukan merupakan kondisi medis tertentu yang sedang dialami. Misalnya ada sesuatu yang terjadi pada saraf frenikus mulai dari sakit tenggorokan hingga radang tenggorokan, atau bahkan tumor.

Cegukan terus-menerus mungkin juga terkait dengan iritasi atau lesi di sepanjang saraf itu sendiri. Tumor di leher atau dada secara teoritis dapat menjadi penyebab iritasi saraf ini dan dalam kasus yang sulit diatasi mungkin memerlukan evaluasi dokter lebih lanjut.

4. Minum minuman berkarbonasi

Saat cuaca terik, minuman bersoda dan dingin memang terasa menyegarkan. Namun terlalu banyak konsumsi minuman berkarbonasi bisa membuat Anda mengalami cegukan.

Tidak ada yang bisa Anda lakukan untuk mencegah ini. Mungkin jika Anda tahu itu akan terjadi, cara terbaik adalah dengan menghindari minuman soda.

5. Terlalu banyak minum alkohol

Ada banyak alasan berhenti minum alkohol. Salah satunya cegukan yang bisa timbul akibat terlalu banyak konsumsi alkohol.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *