5 Kebiasaan yang Merusak Gigi dan Cara Mengatasinya

  • Bagikan
gigi
Sejumlah kebiasaan tanpa disadari dapat merusak gigi Anda yaitu bisa membuat retak, menguning, berlubang, bahkan ompong/Foto : Istimewa

JAKARTA, ZOZ.MY.ID – Sejumlah kebiasaan tanpa disadari dapat merusak gigi Anda. Kebiasaan ini bisa membuat gigi retak, menguning, berlubang, bahkan ompong.
Hindari kebiasaan yang merusak gigi ini, agar kesehatan gigi dan mulut tetap terjaga. Gigi yang sehat membantu Anda mengunyah makanan dengan baik dan berbicara dengan nyaman.

Berikut kebiasaan yang merusak gigi dan cara mengatasinya:

1. Menggigit kuku

Kebiasaan menggigit kuku dapat memengaruhi rahang. Dalam waktu yang lama, kebiasaan ini tanpa disadari memberikan tekanan pada rahang sehingga mengalami disfungsi.

Cara mengatasi:

Dikutip dari American Dental Association, untuk mengatasi kebiasaan ini, disarankan mengecat kuku dengan rasa yang pahit. Selain itu, kelola stres dengan baik. Jika keinginan menggigit kuku muncul, buat jari sibuk melakukan hal lain.

2. Menyikat gigi terlalu keras

Menyikat gigi terlalu keras atau menggunakan sikat yang keras dapat merusak dan mengiritasi gusi. Kondisi ini dapat memicu peradangan.

Cara mengatasi:

Gunakan sikat gigi yang lembut dan sikat gigi secara perlahan. Jangan terburu-buru dan memberikan tekanan pada gigi.

3. Menggetarkan gigi

Menggetarkan gigi dapat menyebabkan keretakan pada gigi. Seseorang yang melakukan kebiasaan ini juga mungkin mengalami nyeri ototo atau nyeri sendi. Gejala yang muncul berupa sakit membuka mulut lebar-lebar dan kesulitan mengunyah.

Cara mengatasi:

Menggetarkan gigi biasanya dipicu karena stres. Oleh karena itu cobalah untuk melakukan relaksasi dan kelola stres dengan baik.

4. Mengunyah es batu

Mengunyah sesuatu yang keras seperti es batu dapat membuat gigi retak dan bahkan patah. Gigi juga akan lebih sensitif dan mudah mengalami ngilu.

Cara mengatasi:

Coba minum minuman dingin tanpa menggunakan es. Gunakan sedotan agar tidak mengunyah es.

5. Makan camilan manis

Konsumsi camilan manis merupakan ancaman nyata untuk kesehatan gigi. Makanan manis meningkatkan pertumbuhan bakteri yang menyerang gigi sehingga berisiko lebih tinggi berlubang dan ompong.

Cara mengatasi:

Konsumsi makanan bernutrisi seimbang. Pilih camilan yang rendah gula dan lemak. Saat makan makanan manis, minum air dan berkumur-kumur untuk membersihkan sisa makanan.

Itulah kebiasaan yang merusak gigi dan cara mengatasinya.(Fath)

Sumber : CNN Indonesia

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *