10 Daftar Makanan yang Baik untuk Kesehatan Ginjal

  • Bagikan
organ tubuh
Ginjal merupakan organ penting dalam tubuh yang berfungsi menyaring kotoran dalam darah dan mengirimkannya ke kandung kemih menjadi urine/Foto : istimewa

JAKARTA, ZOZ.MY.ID – Ginjal merupakan salah satu organ penting dalam tubuh yang berfungsi untuk menyaring kotoran dari dalam darah dan mengirimkannya ke kandung kemih menjadi urine. Selain itu, ginjal juga mengatur tekanan darah, mengatur penyerapan air, mengendalikan keasaman dalam tubuh, dan menyeimbangkan kadar elektrolit. Karenanya, jika terjadi sedikit kerusakan pada ginjal, maka akan berakibat fatal. Pengobatannya pun membutuhkan waktu yang lama. Agar ginjal tetap sehat, Anda harus melakukan pola hidup yang sehat dan teratur. Mengonsumsi makanan yang baik untuk ginjal juga dapat memperingan dan memudahkan pekerjaan ginjal.

Berikut 10 jenis makanan yang bisa Anda konsumsi untuk kesehatan organ ginjal Anda:

1. Buah Naga

Selain penampilannya yang unik dan menarik, buah naga juga kaya akan serat, vitamin, dan mineral. Buah naga baik untuk mencegah berbagai macam penyakit degenaratif dan menetralkan racun dalam tubuh. Kandungan serat pada buah naga mencapai 0,7-0,9 gram per 100 gram. Di dalam saluran penceraan, serat akan mengikat asam empedu (produk akhir kolesterol) dan kemudian dikeluarkan secara bersamaan bersama tinja.

Semakin tinggi konsumsi serat, maka semakin banyak asam empedu dan lemak yang dikeluarkan oleh tubuh. Buah naga juga dikenal sebagai salah satu sumber betakoraten, yaitu provitamin A yang di dalam tubuh akan diubah menjadi vitamin A yang bermanfaat bagi proses pengelihatan, reproduksi, dan proses metabolisme lainnya.

2. Ikan tinggi asam lemak omega-3

Beberapa jenis ikan yang kaya akan asam lemak Omega-3, adalah ikan salmon dan tuna.

Asam lemak Omega-3 memiliki banyak fungsi penting dalam tubuh, termasuk mengontrol pembekuan darah dan membangun membran sel di otak. Asam lemak Omega-3 telah terbukti dapat menurunkan risiko denyut jantung abnormal, menurunkan kadar trigliserida dan tekanan darah.

3. Nanas

Nanas termasuk dalam buah tropis yang rendah potasium, sehingga dapat dikonsumsi oleh orang yang memiliki masalah dengan ginjal. Buah ini merupakan buah yang kaya akan serat, vitamin B, dan bromelain yang bermanfaat untuk mengurangii peradangan.

4. Bluberi

Di antara buah-buahan dan sayuran yang memiliki antioksidan terbaik adalah bluberi. Bluberi termasuk buah yang rendah kalori, kaya serat dan vitamin C yang baik untuk ginjal. Para ilmuwan juga telah meneliti potensi mereka dalam mencegah kanker, jantung, manfaatnya untuk kesehatan otak.

5. Buah Ceri

Buah-buahan kecil yang sering menjadi penghias kue ini ternyata baik untuk organ ginjal. Buah ceri memiliki kandungan vitamin C, vitamin K, folat, vitamin B6, magnesium, dan sitrat. Semakin asam buah ceri, maka menandakan bahwa kadar sitrat pada buah tersebut juga tinggi. Sitrat dapat mengurangi asam urat dalam aliran darah, sehingga mempermudah fungsi ginjal untuk mengendalikan keasaman tubuh.

6. Bayam

Bayam memiliki kandungan vitamin A, C, K, folat, dan beta-koretan. Beta-koretan dalam bayam sangat bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan melindungi pengelihatan Anda. Bayam juga merupakan sumber magnesium yang baik.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *