8 Cara Mudah Menjaga Ginjal Kita Tetap Sehat

  • Bagikan
organ
Ginjal adalah organ yang punya fungsi sangat penting yaitu menyaring limbah beracun dan kotoran-kotoran lain dari dalam darah/Foto : Istimewa

JAKARTA, ZOZ.MY.ID – Ginjal adalah salah satu bagian organ yang punya fungsi sangat penting. Fungsi penting dari organ yang terletak di bagian bawah rusuk ini adalah menyaring limbah beracun dan kotoran-kotoran lain dari dalam darah. Produk limbah ini nantinya akan diteruskan ke kandung kemih lalu dikeluarkan berupa urine. Selain fungsi utama tersebut, ginjal juga bertugas untuk menjaga dan mengatur kadar pH, garam, serta kalium dalam tubuh. Organ penting ini juga bertanggung jawab untuk mengatur tekanan darah serta produksi sel darah merah. Dengan segudang fungsi tersebut, ginjal menjadi salah satu organ vital yang nyaris tak tergantikan. Sayangnya, organ ini juga menjadi organ yang rentan terkena berbagai masalah.

Namun, tak perlu khawatir, setidaknya ada 8 cara mudah yang bisa Anda lakukan untuk menjaga ginjal tetap sehat. Apa saja?

1. Minum air yang cukup, tapi jangan berlebihan

Terkait fungsi utama ginjal yang menyaring kotoran dari darah dan membuangnya menjadi urine lewat kandung kemih, cara terbaik menjaga organ ini tetap sehat adalah memastikan diri terhidrasi. Saran ini mungkin terdengar klise, tapi asupan air sangat penting untuk membantu organ ini  membersihkan natrium dan racun dari darah Anda. Jika kita tidak cukup minum air, maka saringan kecil dalam ginjal bisa terhenti dan menyebabkan batu ginjal hingga infeksi.

Orang sering tidak sadar mengalami dehidrasi ringan. Sekilas, dehidrasi ringan tidak berbahaya. Tapi, bila keadaan ini terjadi cukup sering makan bisa mempegaruhi fungsi organ ini. Dalam keadaan normal, orang dewasa membutuhkan minum sekitar 2 liter sehari. Meski begitu, kebutuhan minum setiap orang berbeda bergantung pada banyak faktor. Namun, perlu kita garisbawahi, minum berlebihan pun juga bisa merusak ginjal.

Hal ini diungkap oleh Ketua Perhimpunan Nefrologi Indonesia Aida Lydia. “Banyak minum air putih bisa sebabkan gangguan elektrolit di darah. Kadar natrium dan kalium dalam darah berkurang, sedangkan kadar cairan di tubuh meningkat sel tubuh jadi membengkak,” ujar Aida saat ditemui dalam temu media Peringatan Hari Ginjal Sedunia di Jakarta pada Rabu (7/3/2018). Kerja ginjal menjadi semakin berat karena harus menyaring cairan berlebih. Aida menyebut, glomerulus pada ginjal tidak akan kuat melakukan fungsi filtrasi.

Jika sudah begitu, bisa saja terjadi gangguan pada ginjal.

2. Makan makanan sehat

Lagi-lagi, mungkin Anda berpikir saran ini sangat klise. Namun, yang perlu disadari, kebanyakan masalah pada tubuh memang bersumber dari makanan yang kita konsumsi. Lalu, seperti apa sih sebenarnya yang disebut makanan yang baik untuk ginjal?

Merangkum dari Healthline, makanan segar yang rendah sodium baik untuk ginjal. Misalnya saja kembang kol, blueberry, ikan, biji-bijian, dan masih banyak lagi. Makanan tersebut bisa membantu kita mengontrol berat badan agar terhindar dari obesitas. Obesitas sendiri biasanya juga diikuti berbagai masalah kesehatan seperti tekanan darah tinggi, diabetes, hingga penyakit kardiovaskular.

Penyakit-penyakit tersebut kerap kali menjadi pintu masuk untuk merusak organ ini. Untuk menghindari masalah-masalah kesehatan tersebut, Anda juga bisa mengurangi makanan yang tinggi lemak, garam, dan gula.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *