7 Tanda Penyakit Gagal Ginjal yang Harus Kita Waspadai

  • Bagikan
penyakit
Ginjal adalah organ penting membantu membuang limbah dan cairan ekstra ditubuh, kondisi yang bisa menurunkan fungsi adalah gagal ginjal/Foto : Istimewa

JAKARTA, ZOZ.MY.ID – Ginjal adalah organ penting yang membantu membuang limbah dan cairan ekstra di tubuh. Jika ginjal bermasalah, maka seluruh sistem tubuh bisa terganggu. Salah satu kondisi yang bisa menurunkan fungsi ginjal adalah gagal ginjal. Gagal ginjal merupakan kondisi serius yang kerap diabaikan banyak orang. Sebab, banyak orang yang tak menyadari adanya penyakit ini hingga kondisinya semakin parah. Padahal, deteksi dini bisa menjadi cara jitu untuk mencegah komplikasi.

Tanda-tanda gagal ginjal Agar Anda lebih waspadai, berikut tanda-tanda awal penyakit gagal ginjal:

1. Tekanan darah tinggi

Ginjal membantu mengatur tekanan darah dengan melepaskan hormon.

Ketika tidak bisa berfungsi, ginjal tidak dapat melakukan tugas secara efektif. Akibatnya, tekanan darah akan menjadi tinggi. Baca juga: Kanker Pankreas

2. Sering buang air kecil

Jika Anda merasa ingin buang air kecil lebih sering, terutama di malam hari, ini bisa menjadi tanda penyakit ginjal. Ketika filter ginjal rusak, hal ini dapat menyebabkan peningkatan keinginan untuk buang air kecil. Terkadang kondisi ini juga bisa menjadi tanda infeksi saluran kemih atau pembesaran prostat pada pria.

3. Darah dalam urin

Ginjal yang sehat mampu menjaga sel-sel darah dalam tubuh saat menyaring limbah dari darah untuk membuat urin. Tetapi ketika filter ginjal telah rusak, sel-sel darah ini bisa masuk ke dalam urin. Selain menandakan penyakit ginjal, darah dalam urin bisa menjadi indikasi tumor, batu ginjal, atau infeksi.

4. Urin berbusa

Busa dalam urin, terutama yang mengharuskan Anda menyiram beberapa kali sebelum hilang, menunjukkan adanya protein dalam urin. Busa ini mungkin terlihat seperti busa yang Anda lihat saat mengacak telur, karena protein umum yang ditemukan dalam urin, albumin, adalah protein yang sama yang ditemukan dalam telur.

5. Otot kram

Gangguan pada fungsi ginjal bisa memicu ketidakseimbangan elektrolit. Hal ini bisa membuat otot kita mudah kram.

6. Kaki membengkak

Penurunan fungsi ginjal dapat menyebabkan retensi natrium. Hal ini menyebabkan pembengkakan di kaki, khususnya area pergelangan kaki. Pembengkakan pada ekstremitas bawah tubuh juga bisa menjadi tanda penyakit jantung, penyakit hati, dan masalah vena kaki kronis.

7. Anda memiliki kulit kering dan gatal

Ginjal bertugas menghilangkan limbah dan cairan ekstra dari tubuh Anda, membantu membuat sel darah merah, membantu menjaga tulang tetap kuat dan bekerja untuk mempertahankan jumlah mineral yang tepat dalam darah.

Ketika organ penting ginjal bermasalah, mineral dan nutrisi dalam darah bisa terganggu keseimbangannya. Hal ini bisa membuat kulit kering dan gatal.(Fath)

Sumber : Kompas.com

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *