Manfaat dan Bahaya Makan Ikan Asin bagi Kesehatan

  • Bagikan
makanan
Ikan asin digandrungi oleh kebanyakan masyarakat kita karena harganya yang ekonomis, bagaimana kandungan gizi ikan asin bagi kesehatan manusia/Foto : Istimewa

 JAKARTA, ZOZ.MY.ID – Bagi sebagian besar orang Indonesia, ikan asin adalah makanan murah meriah apalagi didampingi oleh sambal. Ikan asin digandrungi oleh kebanyakan masyarakat kita karena harganya yang ekonomis. Ikan asin juga banyak macamnya, seperti teri, jambal roti, gabus, peda, tengiri, dan cumi-cumi. Namun, bagaimana kandungan gizi bagi kesehatan manusia?

Menurut Kementerian Kesehatan, ikan asin kering 100 gram dengan jumlah yang dapat dimakan sebanyak 70 persen mengandung:

  • Energi 193 kkal
  • Protein 42 gram
  • Lemak 1,5 gram
  • Kalsium 200 mg
  • Fosfor 300 mg
  • Zat besi 3 mg
  • Vitamin B1 0,01 mg

Manfaat makan ikan asin

Mengutip Dr Health Benefits, nutrisi ikan asin cukup baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Namun perlu kita ingat, tidak boleh terlalu sering makan karena kandungan garam yang tinggi.

1. Menguatkan kesehatan gigi dan tulang

Mengutip Dr Health Benefits, ikan asin memiliki kandungan kalsium dan fosfor yang tinggi. Beberapa fakta menyebutkan bahwa dalam 100 gram ikan kering memiliki kandungan fosfor 300 mg dan kalsium 200 mg. Fosfor dan kalsium sangat bermanfaat untuk kesehatan tulang dan gigi kita.

Terkait untuk kebaikan tulang, berperan dalam:

  • Menambah tinggi badan selama pertumbuhan.
  • Mencegah osteoporosis.
  • Mencegah kelainan tulang.
  • Memperkuat struktur tulang.

2. Membantu mempercepat penyumbatan luka

Mengutip Dr Health Benefits, manfaat ikan asin dapat membantu tubuh dalam mempercepat penyembuhan luka.

Namun, itu mungkin tidak terjadi jika seseorang menderita hemofilia (gangguan pembekuan darah).

Kandungan gizi yang berperan dalam penyembuhan luka berasal dari manfaat zat besi yang cukup tinggi, yaitu sekitar 3 mg per 100 gram.

3. Mencegah anemia

Mengutip Dr Health Benefits, zat besi yang terkandung sangat bermanfaat untuk mencegah terjadinya anemia (gejala kekurangan darah). Zat besi yang terkandung akan membantu tubuh dalam memproduksi sel darah dan mencegah anemia.

Adapun gejala anemia antara lain:

  • Mudah merasa lelah.
  • Sering merasa pusing dan sakit kepala.
  • Sering tidak fokus dalam melakukan aktivitas.
  • Memiliki resiko tinggi terhadap beberapa penyakit.

4. Menjaga sistem imun tubuh

Mengutip Dr Health Benefits, ikan asin ternyata juga mampu menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh. Hal itu karena kandungan manfaat protein yang ada. Jika daya tahan tubuh seseorang baik, maka tidak akan mudah merasa lelah dan tidak mudah terserang penyakit.

5. Membantu pembentukan otot

Mengutip Dr Health Benefits, ikan asin memiliki kandungan protein yang cukup tinggi, yaitu sekitar 42 gram protein per 100 gr. Protein ini akan sangat berguna untuk membangun otot dan meningkatkan massa otot, terutama bagi mereka yang sedang menjalani program pembentukan otot.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *