6 Cara Ampuh Ringankan Gejala Penyakit Asam Urat pada Kaki

  • Bagikan
penyakit
Penyakit asam urat atau gout adalah kondisi yang menyebabkan gejala nyeri yang tidak tertahankan, pembengkakan, dan rasa panas di persendian/Foto : Istimewa

JAKARTA, ZOZ.MY.ID – Cara mengobati asam urat pada kaki penting diketahui penderitanya. Penyakit asam urat atau gout adalah kondisi yang dapat menyebabkan gejala nyeri yang tidak tertahankan, pembengkakan, dan rasa panas di persendian. Meski semua persendian di tubuh bisa terkena asam urat, namun yang paling sering terserang adalah sendi jari tangan, lutut, pergelangan kaki, dan jari kaki.

Gejala penyakit asam urat dapat berlangsung selama beberapa hari atau bahkan berminggu-minggu, dengan rasa sakit yang paling parah biasanya terjadi pada satu atau dua hari pertama. Meskipun hal terbaik yang harus kita lakukan adalah berbicara dengan dokter Anda, ada beberapa langkah yang dapat Anda ambil segera untuk meringankan gejala asam urat, sebagaimana laman Arthritis Health melansir pada Kamis (30/12/2021).

1. Konsumsi obat antiinflamasi

Obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID) yang terjual bebas, seperti ibuprofen atau naproxen, dapat membantu meredakan nyeri asam urat. Hindari aspirin dan obat lain yang mengandung asam asetilsalisilat, yang dapat memperburuk asam urat Anda. Perlu kita ingat bahwa NSAID membawa potensi efek samping, seperti peningkatan tekanan darah, jadi perlu kita konsultasikan perawatan ini dengan dokter Anda.

2. Ambil obat resep Anda

Jika Anda pernah mengalami serangan asam urat sebelumnya, dokter Anda mungkin telah meresepkan obat untuk mengobati serangan. Ini mungkin garis pertahanan pertama Anda atau Anda mungkin memutuskan untuk menggunakannya hanya ketika NSAID gagal meredakan rasa sakit Anda.

Obat resep untuk mengobati asam urat meliputi:

  • Tablet oral prednisolon, yang telah terbukti bekerja sebaik NSAID dan seringkali tidak menyebabkan sakit perut yang sama. Prednisolon adalah jenis kortikosteroid dan memang membawa efek samping potensial lainnya, terutama jika kita konsumsi lebih lama dari 5 hari yang direkomendasikan.
  • Colchicine, yang telah terbukti efektif dalam mengurangi rasa sakit dan peradangan jika kita konsumsi dalam 24 jam pertama serangan. Selalu ikuti instruksi dokter Anda mengenai dosis untuk mengurangi risiko potensi komplikasi dan efek samping.

Obat penghilang rasa sakit opioid, seperti kodein, hidrokodon, dan oksikodon. Dan tidak dianjurkan untuk mengobati rasa sakit yang disebabkan oleh asam urat.

3. Oleskan es ke sendi

Terapi dingin dapat menawarkan pereda nyeri yang signifikan dengan mengurangi pembengkakan, peradangan dan menumpulkan sinyal nyeri. Jika perawatan ini berhasil untuk Anda, Anda dapat mengoleskan kompres dingin sebentar-sebentar sepanjang hari selama 10 hingga 20 menit setiap kali.

4. Tinggikan sendi

Menopang sendi yang terkena dapat mengurangi tekanan dan mengurangi rasa sakit. Jika jempol kaki Anda terpengaruh (sekitar setengah dari semua kasus asam urat mempengaruhi jempol kaki), letakkan di atas bantal atau bangku kaki.

5. Rileks

Istirahatkan sendi yang terkena dan jauhkan tekanan sampai rasa sakit Anda mereda. Siapkan sandal yang lapang, agar kaki Anda tetap nyaman sampai serangan berlalu.

6. Tetap terhidrasi

Minum air sepanjang hari akan membantu membuang asam urat dari sistem Anda. Usahakan minum 8 gelas sehari. Jauhi alkohol dan minuman manis, seperti soda dan minuman olahraga, yang dapat memperburuk asam urat Anda.(Fath)

Sumber : okezone.com

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *