5 Kegagalan Kelola Pengeluaran Bulanan yang Bikin Cepat Cekak

  • Bagikan
keuangan
Salah satu tujuan bekerja memang untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, Berikut deretan kegagalan kelola anggaran keuangan bulanan / Foto : Istimewa

JAKARTA, ZOZ.MY.ID — Salah satu tujuan bekerja memang untuk memenuhi kebutuhan sehari-harimu. Namun yang harus kamu tahu bekerja tak sekadar memenuhi kebutuhan karena kamu pun harus menabung untuk investasi masa depan. Berikut deretan kegagalan Kelola anggaran keuangan bulanan yang bisa bikin kamu miskin di masa depan, sudah tahu.

1. Hanya Menerka-nerka

Jangan hanya menerka-nerka berapa biaya bulanan yang kamu keluarkan. Lebih baik kelola catat dan jumlahkan di bulan depan agar kamu tahu pasti uangmu habis berapa. Menerka-nerka tidak akan menyelesaikan masalah dan tidak akan membuatmu tahu berapa uang yang kamu habiskan.

Terlebih jika selama ini kamu sulit menabung maka jelas kamu harus tahu betul berapa anggaran bulanan yang selama ini kamu habiskan. Jika sudah tahu maka pelan-pelan kamu bisa menekan pengeluaran untuk hal yang tak perlu.

2. Pasangan Tidak dilibatkan

Jika kamu sudah menikah maka finansial merupakan hal yang harus dipikirkan bersama. Begitu pula dengan anggaran yang akan kita kelola jelas kamu dan pasangan harus sama-sama tahu.

Melibatkan pasangan dalam hal finansial akan mencegah kamu dan dia menghamburkan uang untuk hal yang tidak jelas. Apalagi jika kalian sudah memiliki anak maka kebutuhan finansial akan semakin kompleks.

3. Menyamakan keinginan dengan kebutuhan

Anggapan yang salah besar ketika kamu menyamakan keinginan dan kebutuhan karena kedua hal tersebut jelas berbeda. Jika semua keinginan disamakan dengan kebutuhan maka jangan salahkan siapa-siapa kalau kamu takkan punya tabungan dan gaji bulananmu habis begitu saja.

Kebutuhan merupakan hal yang harus kamu prioritaskan dan tidak bisa ditunda sedangkan keinginan merupakan hal yang bisa kamu tunda. So, jangan pernah menyamakan keduanya atau kamu takkan bisa menabung.

4. Merasa Pengeluaran Bulanan sudah pasti

Pengeluaran bulanan seperti listrik, pulsa, biaya internet dan lain sebagainya memang merupakan kewajiban untuk kamu membayarnya. Namun menganggap pengeluaran tersebut sudah pasti maka jelas kamu salah besar. Tidak ada salahnya kan kamu mencari promo pulsa atau listrik agar pengeluaran bulananmu yang satu ini lebih miring.

Jika budget satu ini bisa ditekan maka kamu bisa mulai menabung biaya kelebihannya. Dengan begitu tak ada alasan lagi gaji bulananmu habis begitu saja dan kamu tak bisa menabung.

5. Tidak Memisahkan Dana untuk Bersenang-senang

Jika kamu menyangka memisahkan dana untuk bersenang-senang merupakan hal yang salah, maka alam bawah sadarmu akan memberontak yang pada akhirnya kamu akan bablas untuk hedon.

Kalau sudah begini jelas kamu dua kali lipat lebih boros dan akhirnya kamu tak punya tabungan. Justru lebih baik kamu memisahkan uang untuk bersenang-senang supaya kamu tak menggunakan uang tabungan untuk foya-foya.

Dengan begitu keinginan menabung bukan sekedar wacana dan pasti bisa kamu wujudkan. Asalkan niat dan mengikuti cara di atas saldo tabunganmu pun akan semakin banyak.(Yan)

Sumber : Idntimes

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *