Jika Remote Keyless Hilang, Ini yang Harus Dilakukan Pemilik Motor

  • Bagikan
teknologi remote keyless
Teknologi remote keyless atau smartkey system sudah makin umum terpasang pada berbagai jenis sepeda motor. / Foto : Istimewa

JAKARTA, ZOZ.MY.ID– Teknologi remote keyless atau smartkey system sudah makin umum terpasang pada berbagai jenis sepeda motor. Berkat fitur tersebut, sudah tidak lagi membutuhkan kunci konvensional.

Remote berukuran mini dan dapat kita genggam ini memiliki sistem kerja seperti pemancar sinyal. Ketika menekan tombol, akan mengirim sinyal ke motor terkait lalu Smart Control Unit (SCU) akan terima dalam sistem motor.

Jika cocok, mesin bisa menyala. Sayangnya, ukuran remote yang kecil berisiko mudah hilang. Apalagi jika pemilik punya sifat ceroboh dan tidak teliti.

Bisa jadi remote akan terjatuh atau tertinggal di suatu tempat dan terlupa. Lantas apa yang harus pemilik lakukan jika remote keyless motornya hilang?

Endro Sutarno, Technical Service Division PT Astra Honda Motor (AHM), menjelaskan, dalam pembelian sepeda motor dengan teknologi remote keyless atau smartkey system selalu mendapatkan satu cadangan.

Pemilik masih bisa menggunakan perangkat cadangan tersebut. Lantas motor terkait beserta remote cadangannya harus segera bawa ke bengkel resmi untuk dibuatkan remote baru.

“Kalau hilang satu masih ada cadangannya, kalau cadangannya juga hilang masih ada juga barcode-nya. Itu barcode bisa digunakan untuk mendaftarkan remote yang baru,” kata Endro kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Ia pun menjelaskan, umumnya barcode atau ID tag khusus akan diberikan di salah satu remote bawaan kendaraan. Barcode atau ID tag ini dibuat khusus tiap unit motor yang jadi pasangannya.

Ia menyarankan pemilik motor menyimpan barcode tersebut agar tidak sampai hilang. Untuk berjaga-jaga, bisa juga menyimpannya dalam bentuk foto. “Kalau barcode-nya juga hilang, mau tidak mau harus ganti SCU dan ECM. Itu satu set nanti sama remotenya, dan yang bisa melakukan hanya bengkel resmi,” ucap Endro menambahkan.

Penggantian hingga satu set ini bertujuan untuk memblokir kunci yang lama. Tindakan ini sebagai antisipasi jika remote sengaja ada orang yang mencurinya. Maka orang tersebut tidak akan bisa menggunakan motor terkait. ( Dani )

Sumber : Kompas.com

 

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *