Entah Apa yang Terjadi Saat Hari Tua, Dana Pensiun itu Perlu!

  • Bagikan
pensiun
Setiap orang pasti terus bertambah usianya, usia produktif harus menjadi kekuatan dalam mengumpulkan tabungan untuk menghadapi usia pensiun/Foto : Istimewa

JAKARTA, ZOZ.MY.ID – Setiap orang pasti akan terus bertambah usianya. Usia produktif, harus menjadi kekuatan dalam mengumpulkan pundi-pundi hingga siap menghadapi pensiun dan hari tua. Setidaknya, ada beberapa hal yang harus kita siapkan menghadapi pensiun dan hari tua. Investasi sejak dini,

kemudian memperhitungkan segala kebutuhan saat pensiun, hingga memprioritaskan kesehatan. Hal utama yang menentukan besaran dana pensiun di masa yang akan datang adalah pengeluaran tahunan.

Pertanyaan yang muncul saat ini adalah, apa gunanya dana pensiun yang kita kumpulkan?

Apakah untuk biaya hidup? Atau jangan-jangan akan kita gunakan untuk biaya berobat?

Berikut ini adalah cara untuk mengumpulkan dan menggunakan dana pensiun secara tepat dari Tim Riset Lifepal.

1. Besaran dana pensiun adalah cerminan pengeluaran saat ini dan di masa tua

Sebut saja seorang berusia 30 tahun pengeluaran tahunan bisa mencapai Rp100 juta setahun. Dia memiliki seorang anak dan harus menabung untuk pendidikannya hingga lulus kuliah. Belum lagi, ada kewajiban untuk membayar utang jangka panjang.

Setelah mengetahui pengeluaran tahunan itu, maka tanyakan lah pada diri sendiri, apakah pengeluaran untuk tabungan pendidikan, asuransi kesehatan, cicilan rumah atau mobil, dan sebagainya akan terus ada saat memasuki masa pensiun nanti?

Besaran dana pensiun sejatinya dibagi menjadi tiga kategori pengeluaran gaya hidup:

  • 75% – 80% dari pengeluaran saat ini jika gaya hidup di hari tua biasa-biasa saja dan tidak besar.
  • 90% – 100% dari pengeluaran saat ini jika gaya hidup sama dan punya waktu menabung yang cukup lama sebelum masa tua datang.
  • 120-125% dari pengeluaran saat ini jika berharap hidup di tahun-tahun sukses, senang berwisata, dan ingin melakukan hal-hal yang belum pernah dilakukan sebelumnya.

2. Cara mengumpulkan dana pensiun

Pak Wayan berusia 30 tahun dengan pengeluaran setahun yang mencapai Rp 100 juta. Impian Pak Wayan adalah bisa pensiun di usia 57 tahun dengan asumsi pengeluaran yang sebesar 125% dari pengeluaran saat ini.

Fakta ini menunjukkan bahwa pak Wayan memiliki waktu 27 tahun untuk mengumpulkan dana pensiun.

Jika memang pengeluaran pak Wayan berharap bisa hidup dengan pengeluaran senilai 125% dari pengeluaran saat ini yaitu Rp 125 juta, maka nilai Rp 125 juta dalam 27 tahun mendatang dengan asumsi inflasi 4% per tahun adalah Rp360.421.072.

Anggap saja dari perhitungan di atas, pak Wayan prediksi harapan hidup hingga 75 tahun. Maka dia memprediksikan bahwa di masa pensiun nanti, dia akan hidup selama 18 tahun lagi.

Kebutuhan dana pensiun (nest egg) yang dibutuhkan adalah Rp360.421.072 juta x 18 tahun = sekitar Rp6,4 miliar.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *