Aktivitas Sehari-hari yang Tanpa Sadar Memicu Resiko Penyakit Jantung

  • Bagikan
organ
Jantung adalah organ tubuh yang paling penting, sayangnya ada sejumlah kebiasaan sehari-hari yang justru menempatkan jantung dalam resiko/Foto : Istimewa

JAKARTA, ZOZ.MY.ID – Jantung adalah organ tubuh yang paling penting. Sayangnya ada sejumlah kebiasaan sehari-hari yang justru menempatkan jantung dalam resiko. Perlu juga dicatat bahwa kita juga tidak menyadari betapa banyak elemen gaya hidup kita yang dapat menyebabkan kerusakan pada jantung Berikut adalah beberapa kebiasaan yang harus diwaspadai karena dapat membahayakan jantung.

Tidak ada aktivitas rutin

Aktivitas dengan intensitas rendah seperti berjalan kaki dan itu juga hanya selama dua puluh menit dapat sangat membantu pemeliharaan kesehatan jantung. Berjalan, berlari, atau berolahraga hanya selama dua puluh menit dapat sangat membantu kesehatan jantung dan pembuluh darah Anda dan dikaitkan dengan penurunan kolesterol, tekanan darah rendah, dan berat badan yang lebih sehat.

Merokok

Rokok sebenarnya banyak merugikan dan bertanggung jawab atas sepertiga dari kematian yang terjadi karena kesehatan jantung yang buruk. Karbon monoksida adalah elemen utama rokok dan menyebabkan penurunan jumlah darah yang sehat dan kolesterol yang lebih tinggi. Mengurangi asupan rokok dapat membantu, tetapi berhenti sepenuhnya adalah satu-satunya solusi konstruktif untuk masalah ini.

Stres

Stres yang berlebihan dari pekerjaan, keluarga atau penyebab lainnya dapat memberi tekanan pada jantung dan menyebabkan kadar kolesterol yang lebih tinggi. Ini juga dapat menyebabkan kerusakan arteri dan meningkatkan resiko serangan beberapa kali.

Untuk mengatasi stres, orang minum, merokok, dan makan berlebihan, yang semuanya menyebabkan kerusakan lebih lanjut pada jantung. Untuk mengelola stres secara efektif, Anda harus berolahraga, yang dengan sendirinya menenangkan tubuh dan mengatur hormon sehingga membantu jantung. Cara lain untuk mengelola stres secara efektif termasuk meditasi, mendengarkan musik, membuat jurnal, dan menghabiskan waktu bersama keluarga atau hewan peliharaan.

Junk Food

Jika Anda bekerja keras sepanjang minggu dan lebih memilih untuk memiliki akhir pekan yang ‘menyala’, ada kemungkinan besar Anda mengonsumsi makanan olahan yang tidak sehat dan terlalu sering makan di luar.

Ini adalah kebiasaan merusak lainnya yang secara langsung mempengaruhi faktor risiko seperti tekanan darah dan kolesterol. Disarankan untuk memeriksa menu untuk komposisi gizi makanan dan makan hanya apa yang Anda rasa seimbang dalam hal nutrisi dan rasa.

Alkohol

Alkohol adalah salah satu faktor utama yang menyebabkan serangan jantung pada manusia. Ini memicu tingkat trigliserida dalam tubuh, bentuk lemak tidak sehat yang menyebabkan kerusakan berlebihan dan peningkatan kolesterol.

Penyumbatan arteri dan penambahan berat badan adalah konsekuensi lain dari minum terlalu banyak dan moderasi adalah satu-satunya solusi. Minum dalam jumlah sedang itu penting dan berolahraga untuk mengurangi konsekuensinya sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh yang baik.(Fath)

Sumber : Suara.com

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *