Kisah Mistis Kota Tua Jakarta, Nomor 2 Boleh Dicoba buat Uji Nyali

  • Bagikan
destinasi
Kawasan Kota Tua Jakarta menarik banyak pengunjung, dengan kehadiran bangunan tua peninggalan kolonial Belanda dan cerita mistis yang ada/Foto : Istimewa

JAKARTA, ZOZ.MY.ID – Kawasan Kota Tua di Jakarta dikenal sebagai cagar budayanya Ibu Kota. Kota Tua menjadi salah satu pilihan destinasi wisata heritage yang menarik banyak pengunjung, dengan kehadiran bangunan-bangunan tua peninggalan zaman kolonial Belanda. Penataan Kota Tua semakin hari semakin baik. Namun, di balik itu terselip kisah-kisah mistis yang menemani petualangan di Kota Tua.

Berikut sederet kisah mistis Kota Tua yang dirangkum SINDOnews dari berbagai sumber.

1. Bunyi Gamelan dari Museum Wayang

Museum Wayang terletak bersebelahan dengan Museum Fatahillah. Menurut penuturan warga sekitar dan penjaga museum, setiap malam terdengar bunyi gamelan dari dalam museum. Padahal, saat itu museum tersebut sudah tidak ada pengunjung satu pun. Konon, di dalam museum wayang terdapat sebuah kuburan salah satu pejabat Belanda. Namun, kuburan tersebut sudah lama kita pindahkan.

2. Jeritan dari Museum Sejarah Jakarta

Malam hari adalah waktu yang tepat untuk uji nyali. Datang saja ke Museum Sejarah Jakarta di kawasan Kota Tua. Gedung yang dulunya merupakan kantor Gubernur Jakarta ini memiliki ruang bawah tanah. Dalam ruang bawah tanah tersebut terdapat penjara wanita. Dari sini lah asal jeritan wanita yang sering terdengar setiap malam. Selain itu, menurut kesaksian, suara musik bernuansa kolonial juga terdengar dari penjara bawah tanah tersebut.

3. Tangisan hingga Bau Amis di Museum Fatahillah

Museum bergaya bangunan khas Eropa dengan dinding bercat putih ini menyimpan berbagai misteri. Ketika berkunjung ke Museum Fatahillah, tak sedikit pengunjung yang datang mengaku mendengar suara tangisan serta bau amis darah. Tidak hanya itu, suara lonceng yang menjadi penentu waktu kematian juga sering terdengar pada malam hari. Pada zaman dahulu museum ini adalah Balai Kota Batavia dan pernah dijadikan sebagai lokasi eksekusi mati.

4. Kerasukan di Toko Merah

Toko Merah ini terletak di kawasan Kota Tua, tepatnya di Jalan Kali Besar Barat Nomor 11 Tambora, Jakarta Barat. Bangunan dengan interior berwarna merah ini sempat membuat salah satu pengunjung kerasukan. Melalui akun TikTok, @kreativv_id, mengungkapkan bahwa ada seorang pengunjung tiba-tiba terjatuh dan berteriak aneh dengan bahasa yang tidak jelas. Setelah kita obati dia mengaku kerasukan lantaran ketika hendak memotret bangunan Toko Merah. Ia mendapati sesosok bukan manusia yang masuk ke dalam tangkapan foto kameranya.(Fath)

Sumber : sindonews.com

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *