Croffle Camilan yang Sedang Populer di Media Sosial

  • Bagikan
Croffle
Croffle. Gambar : Istimewa

ZOZ.MY.ID — Croffle menjadi salah satu makanan cemilan yang saat ini sedang hits atau populer di media sosial. Perpaduan rasanya yang renyah sekaligus lembut bisa terasa di penganan ini. Namanya sendiri merupakan gabungan dari dua jenis makanan yakni croissant dan waffle.

Kedua jenis penganan ini sebenarnya memiliki bentuk yang berbeda. Croissant umumnya berbentuk seperti bulan sabit, sedangkan waffle memiliki banyak bentuk tergantung cetakannya.

Adonan croissant dan waffle pun berbeda. Croissant merupakan jenis pastry beragi yang harus diistirahatkan sebelum dibentuk dan dipanggang.

Sementara adonan waffle bentuknya cair dan bisa langsung dipanggang setelah semua bahan tercampur.

Nah, bentuk dan adonan dari kedua jenis cemilan itulah yang kemudian hits bergabung dan terlahir nama croffle dari seorang koki asal Dublin, Irlandia, yang bernama Louise Lennox.

Sejarah Croffle

Melansir The Taste, semula Lennox memiliki ide untuk menyatukan dua jenis kudapan tersebut menjadi makanan penutup. Lennox kemudian mendapat tawaran dari Cuisine de France untuk mengembangkan idenya tersebut.

Kemudian pada 2017, croffle akhirnya terjual untuk pertama kali di sebuah kafe bernama La Petite Boulangerie milik Cuisine de France yang berlokasi di pusat Dublin.

Penganan yang ia sajikan dibuat dari adonan croissant yang kemudian dimasak dengan cara dipanggang dalam cetakan waffle.

Croffle cocok sebagai makanan penutup dengan cita rasa manis atau gurih, tergantung pada toppingnya.

Lennox dan Cuisine de France kemudian melanjutkan pengembangan croffle manis dengan isian alpukat, tomat manis, krim keju feta, dan taburan remah gremolata, lengkap dengan taburan hazelnut panggang cincang di atas penganan ini.

Tidak hanya rasa manis, Lennox dan Cuisine de France juga menciptakan rasa gurih dengan bumbu saus ayam.

Melejit di Korea Selatan Di masa pandemi Covid-19 tahun 2020 lalu, beberapa jenis penganan sempat menjadi tren di Korea Selatan.

Croffle mulai naik daun saat seorang aktris sekaligus penyanyi asal Korea Selatan, Kang Min-kyung menyebut kue  ini sebagai camilan hits dan favoritnya dalam video di akun YouTube miliknya.

Dalam video yang berjudul “My Lovely Kitchen”, Kang Min-kyung mengenalkan dapur sekaligus camilan favoritnya termasuk croffle.

Setelah video tersebut tayang, croffle kemudian menjadi camilan hits atau populer di Korea Selatan.

Popularitas croffle tidak hanya naik di Korea Selatan, tapi juga menyebar ke negara-negara lain, termasuk di Indonesia hingga sekarang banyak kedai kopi dan toko kue di Tanah Air yang menjajakan.

Kalian sendiri udah pernah nyobain kue yang satu ini, guys?

(Manu)

Sumber Artikel : hai.grid.id

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *