7 Penyebab Selangkangan Terasa Gatal dan Cara Mengobatinya

  • Bagikan
Penyakit
Masalah rasa gatal pada selangkangan akan sangat mengganggu kenyamanan, sebaiknya mencari tahu penyebabnya sebelum menggaruk dan mengobatinya/Foto : Istimewa

JAKARTA, ZOZ.MY.ID – Masalah pada selangkangan, termasuk gatal akan sangat mengganggu kenyamanan saat beraktivitas. Anda tentu tak ingin menggaruk selangkangan di tempat umum, mengingat area ini tergolong sensitif.
Penting untuk mencari tahu apa yang ada di balik rasa gatal sebelum menggaruk dan mengobatinya.

Dokter kulit sekaligus direktur penelitian kosmetik dan klinis di Mount Sinai Hospital, Joshua Zeichner mengatakan, selangkangan gatal bisa terjadi karena beberapa faktor. Apa saja?

Secara umum, selangkangan gatal bisa terjadi karena salah menggunakan pakaian dalam yang terlalu ketat atau lembap. Namun, ini juga bisa terjadi karena ada penyakit menular seksual yang menyerang tubuh Anda.

Berikut beberapa penyebab selangkangan gatal dan cara mengobatinya.

1. Kebersihan yang buruk

Penting membersihkan area selangkangan sebab keringat dan kelembapan bisa menciptakan lingkungan yang memungkinkan pertumbuhan mikroorganisme seperti jamur dan bakteri pada kulit.

Cara mencegah dan mengobati
Agar selangkangan tetap bersih Zeichner merekomendasikan untuk menggunakan sabun mandi seperti yang mengandung bahan seperti sodium hipoklorit. Rutin membersihkannya dengan air mengalir juga penting dilakukan.

2. Infeksi jamur

Saat ini terjadi, kulit selangkangan akan mengalami ruam yang disertai rasa gatal. Area kulit juga akan terlihat mengkilap dan lembap. Jamur cenderung muncul di tempat lembap yang tidak mendapatkan banyak cahaya. Biasanya muncul di sisi selangkangan Anda, antara alat kelamin dan paha.

Ada banyak jenis jamur yang bisa menginfeksi kulit selangkangan. Sebagaimana dilansir Mayo Clinic, salah satu yang harus diwaspadai adalah tinea cruris. Tinea cruris memengaruhi alat kelamin, serta paha bagian dalam dan bokong.

Cara mencegah dan mengobati
Hindari memakai pakaian basah terlalu lama. Cobalah untuk menghindari mengenakan pakaian yang ketat jika Anda berencana untuk berkeringat. Jamur tumbuh subur di lingkungan yang lembap dan hangat yang diciptakan oleh pakaian yang ketat dan basah.

Jika jamur sudah tumbuh, Anda bisa menggunakan krim anti jamur dan berkonsultasi dengan dokter untuk obat yang lebih manjur.

3. Lecet

Kulit bisa saling bergesekan. Terutama area paha bagian dalam. Gesekan bisa menyebabkan peradangan pada lapisan luar kulit. Hal ini menyebabkan ruam merah, iritasi yang membakar dan gatal.

Cara mengobati
Anda bisa menggunakan salep penghalang untuk melindungi kulit yang rentan bergesekan.

4. Dermatitis kontak

Dermatitis kontak terjadi ketika kulit bersentuhan dengan sesuatu yang menyebabkan alergi. bisa karena makanan, kain, logam, wewangian, atau zat lainnya.

Menurut Men’s Health, Anda mungkin mengalami ruam merah yang sangat gatal dan terlihat bergelombang. Bahkan mengeluarkan cairan bening atau kekuningan.

5. Kutu Kemaluan

Area selangkangan akan terasa gatal, iritasi, dan muncul bintik-bintik kecil di rambut kemaluan. Anda mungkin telah tertular sejenis parasit yang disebut kutu kemaluan.

Cara mengobati
Segera kunjungi dokter untuk memastikan bahwa masalah Anda sebenarnya adalah kutu. Kutu kemaluan juga sering dikaitkan dengan penyakit menular seksual. Anda juga dapat tertular binatang ini dari selimut atau handuk yang terkontaminasi.

6. Herpes

Bagi sebagian pria, gatal bisa menjadi gejala pertama dari infeksi menular seksual (IMS), yang disebabkan oleh virus herpes. Rasa gatal itu biasanya akan berubah menjadi terbakar, dan dalam waktu sekitar satu hari akan mulai melepuh dan bisa pecah hingga menyebabkan luka yang menyakitkan.

Cara mengobati
Segera melakukan perawatan medis. Memang tidak ada obat untuk herpes. Jika Anda menderita herpes, kondom juga dapat membantu mencegah penyebaran ke pasangan.

7. Kutil kelamin

Kutil kelamin adalah gejala umum dari human papillomavirus (HPV) IMS. Gejalanya bisa memakan waktu bertahun-tahun untuk berkembang, sehingga lebih sulit untuk menentukan kapan Anda terinfeksi.

Cara mengobati
Periksakan ke dokter untuk mendapat obat yang mengandung Imiquimod, Podofilox, atau Sinecatechins, yang akan merangsang sistem kekebalan tubuh Anda untuk membersihkan kutil.(Fath)

 

Sumber : CNN Indonesia

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *