Cegah Flu di Musim Hujan, Ini 5 Kebiasaan Sehat Wajib Anda Lakukan

  • Bagikan
Hujan
Musim hujan yang melanda Indonesia membuat risiko infeksi flu meningkat dan mengganggu aktivitas harian Anda./Foto : Istimewa

JAKARTA, ZOZ.MY.ID – Musim hujan yang melanda Indonesia membuat risiko infeksi flu meningkat. Gejala flu mulai dari pilek, sakit kepala, nyeri tubuh, dan sakit tenggorokan bisa menyerang dan mengganggu aktivitas harian Anda.

Daripada produktivitas menurun karena pilek dan demam, lebih lakukan 5 kebiasaan sehat ini untuk mencegahnya. Mengutip Times of India, ini daftar kebiasaan sehat yang wajib dilakukan agar terhindar dari flu di musim hujan.

Rajin Cuci Tangan Secara Teratur

Di manapun Anda melakukan aktivitas, jangan sampai Anda mengabaikan yang namanya cuci tangan. Di masa pandemi ini misalnya, perlu lakukan cuci tangan secara teratur.

Sebab jika tidak dilakukan, ini akan menyebabkan virus masuk ke tubuh Anda. Tentu virus yang masuk akan menyebabkan pilek, batuk, hingga bersin. Jadi, yuk lebih rajin cuci tangan dari sekarang.

Konsumsi Air Agar Terhidrasi

Pada umumnya, musim dingin tingkat asupan harian cenderung menurun. Karena tidak merasa haus di musim dingin, sangat penting untuk konsumsi air agar tubuh tetap terhidrasi.

Dengan minum air, ini akan membantu mengeluarkan racun dari tubuh Anda, sehingga dapat mencegah jatuh sakit. Disarankan, konsumsi air mineral minimal 2 liter per hari.

Konsumsi Makanan Sehat

Agar terhindar dari sakit, disarankan perlu konsumsi makanan sehat yang kaya akan nutrisi. Dengan mengonsumsi makanan sehat, ini akan membantu Anda tetap bugar, serta meningkatkan kekebalan tubuh.

Ada beberapa makanan yang bisa Anda konsumsi, antara lain sayuran hijau, biji-bijian, kacang-kacangan, dan buah-buahan.

Tidur Yang Cukup

Tidur yang cukup sangat penting untuk melawan penyakit dan juga flu. Jika kekurangan tidur, tentu efeknya bisa memperburuk kesehatan Anda, bahkan tubuh lebih rentan terkena penyakit.

Dengan tidur yang cukup, tubuh akan memproduksi dan melepas sitokin, yakni jenis protein yang dapat mencegah infeksi dan peradangan.

Latihan Fisik

Berolahraga tidak hanya menurunkan berat badan dan meningkatkan massa otot. Lebih dari itu, olahraga dapat meningkatkan kekebalan tubuh serta mencegah dari masuk angin.

Sebuah fakta studi mengungkap, olahraga dapa membantu sel-sel kekebalan tubuh bergerak lebih cepat, di mana sel ini dapat meningkatkan sirkulasi Anda.

Ada beberapa latihan fisik yang bisa Anda coba antara lain jalan kaki, yoga, meditasi, lari, dan latihan kekuatan.(Fath)

Sumber : suara.com

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *