7 Kisah Misteri Di Balik Meletusnya Gunung Semeru

  • Bagikan
gunung semeru
Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lumajang melaporkan telah terjadi Erupsi Gunung Semeru pada Sabtu (4/12/2021). / Foto : Istimewa

JAKARTA, ZOZ.MY.ID— Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lumajang melaporkan telah terjadi Erupsi Gunung Semeru pada Sabtu (4/12/2021). Kabid Pencegahan Kesiagaan dan Logistik BPBD Lumajang, Wawan Hadi Siswoyo mengatakan luncuran erupsi lava pijar dan guguran awan panas itu mengarah ke Curah Kobokan yang berada di sisi tenggara puncak kawah.

“Gunung Semeru mengeluarkan awan panas. Guguran lava akibat erupsi sudah meluncur ke Curah Kobokan,” ujar perwakilan BPBD, wawan hadi siswoyo dalam keterangannya.
Saat ini warga yang berada pada Dusun Curah Konokan dan Dusun Kajar Kuning sudah dievakuasi ke Desa Sumberwuluh.

Selanjutnya, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lumajang menjelaskan kondisi pada daerah itu gelap gulita dengan awan hitam pekat dan aliran listrik mati.

Bahkan, nyala lampu senter pun tidak bisa berfungsi optimal karena pekatnya kabut abu ditambah hujan yang sangat deras.

Sebelum terjadinya erupsi, Gunung tersebut merupakan salah satu fenomena alam terindah di Indonesia.

Saking indahnya, gunung yang menjulang tinggi di dataran Kabupaten Lumajang ini sering dipakai sebagai lokasi shooting film dan serial TV.

Sementara itu, Sisi lain keagungannya, Gunung Ini terkenal sebagai salah satu tempat dan daerah yang menyimpan banyak misteri.

Kisah-kisah ini diceritakan turun-temurun, dari nenek moyang sampai masyarakat yang hobi mendaki dataran tinggi lumajang ini  demi menikmati keindahan alamnya.

Berikut 7 misteri Gunung Semeru yang menyimpan banyak misteri yang tak banyak orang ketahui, yakni:

1. Misteri Gunung Semeru Patung Arcopodo, Prajurit Majapahit Penjaga Gunung

Misteri Gunung Semeru pertama adalah dua patung bersejarah di area Arcopodo.

Area Arcopodo merupakan dataran luas pada kaki Gunung ini sering menjadi tempat peristirahatan para pendaki.

Menurut cerita rakyat, orang-orang yang bisa membuka mata batin dapat melihat satu pasang patung prajurit dari era Majapahit di area ini.

Sudah banyak yang mengaku pernah melihat “penjaga gunung” ini, namun sayang penjelasannya sedikit berbeda, mulai dari ukuran sampai rupa asli patung.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *