Harga Minyak Goreng Semakin Panas dan Harga Cabai Semakin Pedas

  • Bagikan
inflasi
Bank Indonesia (BI) memperkirakan terjadi inflasi pada Desember 2021, Salah satu penyebabnya adalah naiknya harga Minyak Goreng dan Cabai/ Foto ; Istimewa

JAKARTA, ZOZ.MY.ID — Bank Indonesia (BI) memperkirakan terjadi inflasi pada Desember 2021. Berdasarkan Survei Pemantauan Harga pada minggu pertama yakni 3 Desember 2021. Salah satu penyebabnya adalah naiknya harga minyak goreng dan cabai, perkiraaan inflasi 2021 akan sebesar 1,55%.

Kepala Departemen Komunikasi BI Erwin Haryono mengatakan, perkembangan harga pada Desember 2021 tetap terkendali dan perkiraan inflasi sebesar 0,25% month to month (mtm).

“Dengan perkembangan tersebut, perkiraan inflasi 2021 akan sebesar 1,55%,” kata Erwin dalam laporannya, Jumat (3/12).

Penyebab Inflasi

Dia mengatakan, penyumbang utama inflasi pada minggu pertama Desember 2021 yaitu komoditas cabai rawit dan minyak goreng yang masing-masing sebesar 0,04% mtm, cabai merah sebesar (0,02%) mtm, telur ayam ras, sawi hijau, kangkung, sabun detergen bubuk dan tarif angkutan udara masing-masing sebesar 0,01% mtm.

Sementara itu, beberapa komoditas mengalami deflasi, antara lain bawang merah dan daging sapi masing-masing sebesar -0,01% mtm.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *