Ternyata Avanza Laris Manis di Malaysia, Sampai Ribuan Unit Terjual

  • Bagikan
ekspor toyota avanza
Kiprah Toyota Avanza bukan hanya terjadi di pasar dalam negeri. Mobil MPV ini juga sudah diekspor ke puluhan negara lain, termasuk negara tetangga Malaysia / Foto : Istimewa

ZOZ.MY.ID– Kiprah Toyota Avanza bukan hanya terjadi di pasar dalam negeri. Mobil MPV ini juga sudah diekspor ke puluhan negara lain, termasuk negara tetangga Malaysia.

Distribusi Toyota Avanza ke negeri Jiran menjadi salah satu yang terbesar di Asia Tenggara, selain juga ke Filipina dan Thailand.
Sepanjang Januari hingga Oktober 2021 saja, distribusi Avanza ke Malaysia sudah ribuan, mencapai 1107 unit.

Jumlah ini menjadikan Malaysia berada di posisi terbesar kedua negara tujuan ekspor di bawah Filipina, sekaligus yang terbesar kelima di dunia.

Jika menarik ke belakang, mobil MPV sejuta umat ini memang sudah langganan masuk ke negeri Jiran. Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), setiap tahun Avanza setidaknya selalu mengekspor lebih dari 1.000 unit tiap tahunnya.

Tahun 2020 saat awal mula pandemi, PT Astra Daihatsu Motor (ADM) selaku produsen mengirim 1.008 unit Avanza jenis G AT 1.5L.

Pengiriman terbanyak bahkan terjadi pada awal mula Covid-19 masuk ke Indonesia, yakni pada Maret 2020 sebanyak 217 unit. Pada April 2020 ekspor sempat terhenti, namun bulan Mei dan Juni kembali dikebut dengan masing-masing pengiriman 122 unit dan 152 unit.

Setahun sebelumnya, yakni pada tahun 2019 jumlah pengiriman Avanza ke Malaysia lebih besar.

Yakni sebanyak 1774 unit untuk jenis Avanza G AT 1.5L. Pengiriman terbanyak terjadi pada Oktober 2020 dengan 431 unit.

Pada tahun 2018, Gaikindo memang tidak mencantumkan data ekspor mobil sejuta umat di situs resminya. Namun, jika menarik mundur ke tahun 2017 maka ekspornya lebih besar lagi, kala itu ADM mengekspor dua jenis, yakni tipe G 1.3L untuk transmisi manual serta tipe G 1.5 untuk transmisi automatic. Nama pertama menyumbang 1.140 unit ekspor, sementara yang kedua 1.061 unit. ( Dani )

Sumber : cnbcindonesia

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *