Kisah Mistis Hutan Baduy Gunung Kendeng, Desa Kanekes Banten

  • Bagikan
gunung kendeng
Gunung Kendeng terletak di Kabupaten Lebak, Provinsi Banten. Hutan hijaunya masih sangat terjaga dan juga tersimpan kisah mistis didalamnya/ Foto : Istimewa

JAKARTA, INDOtayang.COM—  Gunung Kendeng terletak di Kabupaten Lebak, Provinsi Banten. Disini hutan hijaunya masih sangat terjaga dan juga tersimpan kisah mistis didalamnya. Sungai-sungai, seperti Ciujung, Cisimeut, dan Ciberang, masih mengalir jernih. Kawasan hutan Gunung Kendeng di Desa Kanekes, Kecamatan Leuwidamar, merupakan hulu air wilayah Provinsi Banten.

Di Pegunungan Kendeng kabupaten lebak terdapat Suku Baduy (Urang Kanekes) yang merupakan kelompok masyarakat adat etnis Sunda. Beberapa waktu lalu, kami berkunjung ke tempat ini dan mengalami peristiwa aneh ketika berada di sekitaran Gunung Kendeng.

Berawal ketika kami ke Baduy bertemu Kepala Suku Baduy Dalam yang biasa disebut Jaro, dan mendapat petunjuk untuk menuju ke tempat doa atau ritual pada daerah seputar Gunung Kendeng.

Kepala Suku Baduy Dalam menitipkan sejumlah barang untuk meletakkan pada tempat ritual tersebut. Dengan panduan empat penduduk lokal Baduy Luar, kami yang terdiri dari sembilan orang berangkat menuju lokasi.

Karena hari sudah menjelang sore, matahari akan tenggelam, kami dibimbing oleh dua pemandu lokal dan dua orang Suku Baduy Luar untuk melalui jalan pintas menuju lereng Pegunungan Kendeng kabupaten lebak agar lebih dekat ke lokasi yang dituju. Jalan setapak itu merupakan jalan yang biasa mereka lalui jika berkebun di pegunungan tersebut.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *