10 Mobil ‘Made In Indonesia’ Paling Diminati di Luar Negeri

  • Bagikan
mobil indonesia
Ekspor mobil 'made in Indonesia' secara utuh atau CBU (Completely Built Up) mengalami peningkatan jika dibandingkan periode yang sama tahun lalu. / Foto : Istimewa

JAKARTA, ZOZ.MY.ID — Ekspor mobil ‘made in Indonesia’ secara utuh atau CBU (Completely Built Up) mengalami peningkatan jika dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Ternyata bukan mobil sejuta umat yang paling banyak dikirim. Lalu apa modelnya?

Melansir dari data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Selasa (30/11/2021). Ekspor CBU mobil Indonesia tercatat berada di angka 235.955 unit sepanjang Januari-Oktober 2021.

Secara total, Daihatsu paling banyak mengirim mobil secara utuh atau CBU yang Indonesia produksi dengan angka 95.107 unit. Model mobil itu terdiri dari mobil Daihatsu Gran Max, Mazda Bongo (kembaran Gran Max), Toyota Lite Ace, Toyota Avanza, Toyota Rush, Toyota Raize, serta Toyota Wigo (kembaran Agya).

Dari delapan mobil yang diekspor Daihatsu, pengiriman Rush menjadi terbanyak. Low Sport Utility Vehicles yang dijual oleh Toyota di Indonesia ini sudah terdistribusi sebanyak 36.411 unit.

Sedangkan Avanza yang didapuk jadi mobil sejuta umat di Indonesia tidak sebanyak Rush. Sepanjang Januari – Oktober 2021, mobil berkapasitas 7-penumpang itu sudah terkirim sebanyak 14.060 unit.

Avanza dinikmati berbagai negara seperti Brunei, Thailand, Afrika Selatan, Malaysia, Nepal Meksiko, Bangladesh, Filipina, Tahiti, Peru, Arab Saudi, Bahrain, Qatar, Oman, Costarica, Guatemala, Honduras, G Cayman, dan Myanmar.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *