Ilmuwan Membuat Kaca Yang Lebih Keras Dibandingkan Berlian, Ini Dia

  • Bagikan
berlian
Tim ilmuwan China telah mengembangkan kaca “Ultrahard”. Dan menyakini Kaca lebih keras daripada berlian alami./Istimewa

ZOZ.MY.ID — Tim ilmuwan China telah mengembangkan kaca “Ultrahard”. Dan menyakini Kaca lebih keras daripada berlian alami. Peneliti yang memimpin dari Universitas Jilin China mengembangkan kaca karbon yang memiliki konduktivitas termal tinggi.

Mereka mengumumkan kaca transparan berwarna kuning, AM-III yang mampu meninggalkan goresan dalam pada permukaan berlian.

Bahan yang seluruhnya terbuat dari karbon, mencapai 113 gigapascal (GPa) pada uji kekerasan Vickers. Sedangkan berlian biasanya mendapat skor antara 50 dan 70 skala GPa.

Menurut para ilmuwan, AM-III bukan pengganti berlian melainkan bisa menggunakan benda untuk mengembangkan sel surya di panel surya dan jendela anti peluru.

Dalam percobaannya, mereka menempatkan buckyballs, bentuk karbon seperti bola dan menaklukkannya dalam suhu dan tekanan ekstrem.

Salah satu sampel, terbentuk pada 30 GPa dan 1,598°F. Kaca ultrahard bisa mencapai sekitar 102 GPa dan menjadikan salah satu kaca terkeras setelah karbon AM-III (113 GPa).

“Pembuatan kaca dengan sifat superior ini akan membuka pintu pada pemakaian lain. Suhu yang relatif rendah di mana kami dapat mensintesis kaca berlian ultrahard membuat produksi massal menjadi lebih praktis,” kata Penulis Makalah dan Ahli Geokimia Yingwei Fei dari Carnegie Institution for Science di Washington.

Melansir Dailymail, Jumat (26/11/2021), karbon mampu mengambil berbagai bentuk stabil berdasarkan struktur molekulnya. Beberapa bentuk terlihat seperti grafit dan berlian yang sangat terstruktur sementara yang lain tidak teratur, atau “amorf” seperti kaca biasa.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *