Video Menakjubkan Pemandangan Planet Mars Diambil Robot NASA

  • Bagikan
planet mars
Baru-baru ini NASA merilis sebuah pengambilan video pemandangan lanskap planet Mars oleh kendaraan Perseverance Rover/Istimewa

ZOZ.MY.ID– Baru-baru ini NASA merilis sebuah pengambilan video pemandangan lanskap planet Mars oleh kendaraan Perseverance Rover pada 4 September 2021. Dalam video itu juga terlihat, helikopter tanpa awak NASA sedang lepas landas di atas daratan Planet Merah.

Dalam penerbangan ke 13 prototipe tersebut, tampak bagaimana daratan Mars yang tandus, menyajikan pemandangan yang belum pernah terlihat sebelumnya. Misi utama dari Perseverance Rover ini adalah mencari jejak kehidupan kuno yang mungkin pernah ada di Mars jutaan tahun lalu.

Merupakan penerbangan pertama kali

Perseverance Rover sendiri menangkap gambar menggunakan dua kamera Mastcam-Z. Peluncuran robot Mars Ingenuity Helicopter yang mendarat di Mars bersama Perseverance Rover pada Februari 2021.

Dan merupakan penerbangan pertama yang kendalikan pesawat ciptaan manusia di luar angkasa.

Video terbaru dari NASA kali ini bukan hanya memamerkan kemampuan terbang helikopter. Namun rekaman itu juga menjadi pertunjukkan yang menakjubkan dari teknologi robot penjelajah.

“Hasil rekaman video Mastcam-Z benar-benar jernih. Bahkan pada jarak 300 meter, kami dapat melihat helikopter sedang lepas landas. Dan mendarat dengan kualitas gambar yang luar biasa melalui kamera Mastcam-Z,” kata Justin Maki, wakil penyelidik utama untuk instrumen Mastcam-Z di Jet NASA Propulsion Laboratory (JPL).

Dan meski helikopter itu terlihat seperti titik hitam kecil dalam pandangan luas yang diambil melalui kamera kiri, namun itu telah memberi penonton pengalaman luar biasa dari lingkungan yang dijelajahi Ingenuity.”- Justin Maki, wakil penyelidik utama untuk instrumen Mastcam-Z di Jet NASA Propulsion Laboratory (JPL) –

Dalam penerbangan kali ini, helikopter tanpa awak lepas landas di fitur geologi Séítah dan terbang di atas ketinggian 8 meter. Séítah terdiri dari pegunungan dan singkapan di kawah Jezero, sebuah dasar danau kuno yang tersisa dari periode 4 miliar tahun lalu ketika air berlimpah di permukaan Mars.

Mars Ingenuity Helicopter mengumpulkan gambar daratan berbatu dari berbagai sudut. Gambar-gambar tersebut nantinya akan digunakan tim Perseverance Rover untuk mencari informasi tentang Kawah Jezero, khususnya dalam proses geologis yang membentuk karakteristik Séítah.

“Kami lepas landas dari dasar kawah dan terbang di atas punggung bukit sebelum akhirnya bergerak ke Séítah,” kata Håvard Grip, pilot Ingenuity.

Pengalaman luar biasa buat NASA

Bagi NASA, mempelajari Séítah adalah bagian penting dari penjelajahan Mars. Sebagai wilayah geologi tertua di dasar kawah Jezero, tanah di sana mengandung olivin dan mineral terhidrasi yang merekam vulkanisme dan proses geologi lainnya yang terjadi di Mars purba.

Mengevaluasi kapan dan bagaimana mengendapkan mineral ini. Dan dapat memberi pemahaman kepada para peneliti tentang evolusi geologis wilayah Mars yang dieksplorasi oleh Perseverance.

Setelah penerbangan ke 13 ini, helikopter Ingenuity berhenti beroprasi untuk sementara, begitu juga dengan Perseverance Rover. Keduanya rencana akan kembali beroperasi ketika Mars melewati sisi berlawanan dari Matahari dan Bumi atau pada Sabtu, 20 November 2021.

“Sungguh pengalaman luar biasa melihat ini benar-benar terjadi, dan ini memperkuat keakuratan pemodelan kami dan pemahaman kami tentang cara terbaik mengoperasikan Ingenuity,” kata Grip.(One)

Sumber : kumparan

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *