Avanza Lengser! Ini Dia ‘Raja’ Baru Mobil di Indonesia

  • Bagikan
penjualan avanza
enjualan mobil nasional tumbuh positif pada Oktober 2021 dibanding periode yang sama tahun lalu (year-on-year/yoy). Sementara itu ada kejutan di mana mobil sejuta umat, Avanza. / Foto : Istimewa

ZOZ.my.id– Penjualan mobil nasional tumbuh positif pada Oktober 2021 dibanding periode yang sama tahun lalu (year-on-year/yoy). Sementara itu ada kejutan di mana mobil sejuta umat, Avanza, terdepak dari posisi jawara mobil paling laku bulan lalu. Otomatis, ada raja baru di takhta mobil terlaris bulan ini.

Penjualan mobil wholesales (distribusi dari pabrik ke dealer) bulan Oktober 2021 tumbuh 54,1% yoy jika dibandingkan bulan Oktober 2020. Jumlah mobil terjual sebesar 75.544 unit, selanjutnya berdasarkan data dari Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo).

Namun, jika dibandingkan dengan bulan September, penjualan mobil bulan ini turun 10,2% month-to-month (mom). Penyebabnya adalah penjualan bulanan Avanza yang merosot 77,41% mtm, menjadi hanya 1.701 unit pada bulan Oktober.

Selanjutnya ramai kabar kemunculan All New Avanza berdampak pada para calon konsumen yang menunda pembelian untuk menunggu model baru. Disamping itu hal ini disinyalir membuat penjualan mobil nasional turun.

Avanza adalah mobil dengan kontribusi terbesar yaitu 6,82% dari penjualan nasional. Mobil terjual sepanjang Januari hingga Oktober 2021 sebesar 47.972 unit

Adapun pemuncak klasemen mobil terlaris di Oktober 2021 adalah Toyota Rush dengan penjualan sebanyak 5.312 unit.

Sumbangan terbesar berasal dari New Rush 1.5 GR Sport A/T 2021 dengan penjualan sebesar 2,798 unit, disusul New Rush 1.5 GR Sport A/T 2021 sebanyak 2,508 unit.

Kedua tipe New Rush tersebut rilis dengan varian GR yang baru pada Agustus lalu, sehingga mampu menarik pembeli.

Varian GR Sport merupakan varian termewah dan menggantikan TRD Sportivo, yang diperkenalkan pertama kali pada All New Toyota Raize GR Sport, April.

Dengan model body kit sporty, dinamis, dan berkelas pada bagian eksterior jadi pembeda dengan varian lain di bawahnya.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *