WhatsApp Kamu Dihack Orang Diam-Diam Ini Tandanya

  • Bagikan
memata-matai
WhatsApp aplikasi pesan instan yang populer digunakan banyak orang. Ketenarannya membuat aplikasi milik Facebook itu menjadi incaran hacker/Istimewa

ZOZ.MY.ID– WhatsApp merupakan aplikasi pesan instan yang populer digunakan banyak orang. Ketenarannya membuat aplikasi milik Facebook (sekarang nama induknya Meta) itu menjadi incaran hacker untuk memata-matai akun pengguna WA.

Mengutip dari Technique How, ini beberapa tanda mengetahui penjahat siber atau orang lain dengan sembunyi melacak atau memantau akun WA kamu.

Baterai cepat habis

Jika kamu melihat bahwa baterai ponsel kamu habis begitu cepat padahal perangkat tidak melakukan aktivitas apa pun, maka ada kemungkinan sejumlah aplikasi berjalan di latar belakang.

Aplikasi yang kamu instal dari pihak ketiga, tidak lewat Google Play Store atau Apple App Store, mungkin bisa meretas akun media sosial kamu, mulai dari Facebook hingga WA. Jika ingin tahu apakah WA kamu sedang dipantau, ini bisa menjadi salah satu tandanya.

Ponsel bergetar atau berbunyi tanpa alasan

Ponsel kamu mungkin bergetar meskipun tidak ada notifikasi yang masuk ke perangkat. Ini juga merupakan tanda bahwa WhatsApp kamu sedang dalam perjalanan untuk memata-matai dan prosesnya sedang berlangsung.

Aplikasi WhatsApp sering hang

Jika seseorang hacker WA kamu, mungkin kamu akan memperhatikan bahwa ponsel, terutama ketika membuka WhatsApp, akan berjalan lebih lambat dari sebelumnya. Ini terjadi karena penggunaan RAM yang berlebihan untuk aplikasi tertentu.

Ponsel mendadak cepat panas

Apakah kamu sering merasakan HP memanas dengan sangat cepat daripada sebelumnya, bahkan dalam kondisi layarnya mati? Jika ya, maka kamu harus berhati-hati.

HP yang memanas kemungkinan prosesor di dalamnya tengah menjalankan pekerjaan berat. Hal ini bisa jadi karena oleh kelompok mata-mata yang mengontrol WA kamu dari jarak jauh lewat perangkat lain, dengan memasang spyware ke perangkat tanpa kamu ketahui.

Cek Linked Devices di WhatsApp

Selain melihat tanda-tanda tadi, masih ada cara lain untuk mengetahui apakah orang lain mematai-matai akun WhatsApp kamu atau tidak, yakni mengecek perangkat yang terkoneksi (Linked devices) dengan akun WhatsApp kamu. Berikut caranya.

Buka WhatsApp, pilih titik tiga (Settings di versi iPhone), kemudian tekan Linked Device.

Di kolom Device Status, cek apakah ada perangkat asing yang tak dikenal atau tidak. Jika ada, berarti ada yang menyadap akun WhatsApp kamu dan orang lain sedang memata-matai kamu.

Pilih perangkat asing yang  terkoneksi, lalu tekan logout untuk membuatnya keluar dari akun WhatsApp kamu.

Sumber : kumparan

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *