Sama-sama Pakai Motor Trail, Ini Bedanya Motocross dan Supercross

  • Bagikan
motor trail untuk motocross dan supercross
Kalau kita bicara motor garuk tanah alias trail, pasti sobat terlintas akan balap Motocross. Tapi mungkin belum banyak yang tahu kalau sebenarnya ada juga yang namanya balap Supercross. / Foto Ilustrasi Motor Trail / Istimewa

ZOZ.my.id– Kalau kita bicara motor garuk tanah alias trail, pasti sobat terlintas akan balap Motocross. Tapi mungkin belum banyak yang tahu kalau sebenarnya ada juga yang namanya balap Supercross.

Kedua balapan ini sama-sama pakai motor trail dan treknya adalah sirkuit tanah, dengan gundukan yang bikin pembalapnya wajib jumping. Meski begitu kedua balapan ini punya perbedaan lho, ada yang tahu?

Kalau belum tahu, simak artikel ini sampai tuntas ya.

Pertama kita bahas Supercross dulu.

Balap Supercross umumnya berlangsung di sirkuit yang berada di dalam stadion. Rider Supercross juga bakal menghadapi banyak tikungan dengan lompatan-lompatan yang tinggi, dengan jumlah lap sebanyak 20.

Dalam balap profesional dunia, satu musim Supercross terdiri dari 17 seri balapan dan menggunakan sistem poin. Rider dengan poin terbanyak di akhir musim tentu akan menjadi juara dunia supercross.

Sementara itu Motocross di alam atau tempat terbuka. Treknya juga lengkap dengan beberapa rintangan, namun jumlahnya tak sebanyak Supercross.

Pada Motoscross setiap pembalap harus mengikuti dua balapan dalam satu seri, yang biasa disebut dengan Moto. Setiap Moto tidak tentu berapa jumlah lapnya.

Lama balapan ditentukan dengan durasi waktu, yakni selama 30 menit ditambah dua lap.

Siapa pun yang melewati garis finish pertama dengan bendera hitam putih yang panitia kibarkan menurut perhitungan 30 menit plus dua lap tadi, adalah yang akan keluar sebagai pemenang.

Hasil dari kedua Moto tersebut akan menentukan siapa yang pantas menjadi pemenang.

Nah, itulah perbedaan dasar ajang balap Motocross dan Supercross. ( Dani )

Sumber : Gridoto.com

 

 

 

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *