Coba Perasa Objek Virtual Mark Zuckerberg Pamer Sarung Tangan Haptic

  • Bagikan
facebook
Facebook ini, namun dalam waktu dekat kita bakal bisa merasakan objek virtual lewat sarung tangan haptic yang tengah mereka kembangkan/Mark Zuckerberg/Istimewa

Zoz.my.id,– Entah darimana ide gila yang muncul dari kubu Facebook ini, namun dalam waktu dekat kita bakal bisa merasakan objek virtual lewat sarung tangan haptic yang tengah mereka kembangkan.

EO Facebook, Mark Zuckerberg, memamerkan sarung tangan haptic di akun Instagram pribadinya @zuck. Ia mengatakan perangkat wearable ini nantinya bisa merasakan tekstur dan tekanan saat kita menyentuh benda virtual.

Dalam unggapan tersebut Mark Zuckerberg terlihat sedang berada di sebuah lab dan menguji sarung tangan itu dengan menggunakan virtual reality headset (VR headset).

“Tim Reality Labs Meta sedang mengerjakan sarung tangan haptic untuk menciptakan rasa sentuhan yang realistis di dunia metaverse. Suatu hari kamu akan dapat merasakan tekstur dan tekanan saat menyentuh benda virtual,” tulis Mark Zuckerberg di Instagram, Mengtutip Rabu (17/11/2021).

Melansir The Verge, melapisi sarung tangan itu dengan sekitar 15 bantalan plastik bergerigi yang namanya aktuator.

Mengatur bantalan agar pas di sepanjang telapak tangan pemakainya, bagian bawah jari, dan ujung jari mereka.

Sarung tangan haptic ini juga berfungsi sebagai pengontrol VR. Sementara bagian belakangnya terdapat penanda putih kecil yang memungkinkan kamera melacak bagaimana jari-jari bergerak melalui ruang. Juga ada sensor internal yang menangkap bagaimana jari pemakainya menekuk.

Ilusi Sentuhan Fisik

Saat kamu mengenakan sarung tangan ini dan memasuki dunia metaverse (VR atau AR/augmented reality), sistem kontrol yang canggih akan menyesuaikan tingkat inflasi. Kemudian menciptakan tekanan pada berbagai bagian tangan.

Jika kamu menyentuh objek virtual dengan ujung jari, kamu akan merasakan sensasi benda itu menekan kulit. Jika kamu mencengkeram benda virtual, aktuator akan menegang dan menciptakan sensasi perlawanan. Sensasi ini bekerja bersama isyarat visual dan audio untuk menghasilkan ilusi sentuhan fisik.

Teknologi ini mengacu pada bidang robotika lunak yang relatif baru, menggantikan motor besar dengan katup udara kecil.

Meta (sebelumnya Facebook) telah mengerjakan proyek ini sejak mengakuisisi startup Oculus VR pada tahun 2014. Meta mengembangkan prototipe pertamanya–satu jari dengan satu aktuator–pada 2015.

Akan Dijual Massal

Sentuhan simulasi bukanlah fenomena terbaru. Sama seperti menggabungkan VR dengan sesuatu yang sederhana seperti getaran pengontrol dapat membuat orang merasa lebih seperti sedang menyentuh sesuatu.

Banyak perusahaan telah mengerjakan perangkat wearable yang dapat melacak tangan pengguna atau memberikan sensasi haptic. Beberapa di antaranya bahkan mengintegrasikan sensasi suhu, yang tidak diprioritaskan oleh Meta Reality Labs.

Tetapi Meta siap untuk memasarkan sarung tangan haptic ini secara massal dengan cara yang tidak bisa dilakukan oleh perusahaan lain.

Sebagian besar pembuat perangkat haptic menjual produk khusus untuk institusi militer, industri, atau akademik. Sebaliknya, Meta memproduksi sistem Quest VR untuk konsumen dan rela menghabiskan miliaran dolar untuk membangun “metaverse” yang mengintegrasikan VR dan AR.(One)

Sumber : titahhijau

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *