Afgan Doyan Makan Tapi Nggak Gendut-gendut, Begini Rahasianya

  • Bagikan
afgan
Penyanyi Afgansyah Reza, atau yang akrab disapa Afgan, berbagi tips menjaga berat badan dan kebugaran tubuh di tengah pandemi COVID-19/ Foto : Istimewa

ZOZ.my.id – Penyanyi Afgansyah Reza, atau yang akrab disapa Afgan, berbagi tips menjaga berat badan dan kebugaran tubuh di tengah pandemi COVID-19. Mengingat, badan melar bak problema sejuta umat yang kini harus serba ‘at home’ gara-gara Corona. Namun menurut Afgan, hal itu sebaiknya tidak jadi alasan untuk terlalu membatasi makan. Kenapa tuh?

“Menurut aku, nggak usah takut gendut. (Orang bilang) kita diet saja, nggak usah makan banyak. Justru kalau begitu, kualitas drop dan kita gampang sakit. Jadi ya sudah kalau aktivitasnya banyak, makannya banyak juga. Itu sih yang aku lakukan,” terangnya pada detikcom dalam bincang-bincang eksklusif AXN Ultimate Challenge Indonesia, Kamis (18/11/2021).

Ia mengisahkan sepanjang trip dan sibuk syuting dalam acara tersebut, dirinya tak sempat berolahraga. Meski sempat berniat untuk curi-curi waktu workout, kerap padatnya syuting membuatnya tak punya waktu untuk berolahraga.

Namun untuk menjaga tubuhnya tetap fit, ia rutin meminum suplemen imunitas, D3, dan vitamin C. Menurutnya, hal itu adalah bekal penting kala travelling.

Nggak takut gendut, kok bisa badan nggak melar-melar?

Di samping kesibukannya bermusik, Afgan mengaku getol berolahraga di rumah. Menurutnya, kebiasaan workout di rumah tiga sampai empat kali seminggu adalah ‘jurus’ untuknya tetap fit.

Bahkan ketika dirinya terinfeksi virus Corona, ia sama sekali tak mengalami gejala. Begitu pun beberapa waktu setelahnya, sama sekali tak ada gejala membekas bak kasus long pandemi COVID-19.

Selain itu, ia juga getol mengawasi asupannya. Tak kurang dan tak lebih, menurutnya yang penting adalah seimbang.

“Untuk menjaga berat badan nggak naik, ya olahraga terus. Kalau buat aku sih, benar0benar monitor apa yang aku makan. Aku ada timbangan, biasanya kalau makan nasi berapa gram, itu ada takarannya,” kata Afgan.

“Kita harus tahu sehari butuh kalori berapa, protein intake berapa, karbohidrat berapa. Kalau sudah bisa bikin jurnal tentang apa yang kita makan sehari-hari, sudah pasti badan sehat, baik nutrisinya, dan nggak naik berat badan. Justru badan lebih clean,” pungkas pelantun ‘Terima Kasih Cinta’ tersebut. (Fath)

 

Sumber : detikHealth

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *