Aneka Kuliner Bandung Jawa Barat Bisa Bikin Lidah “Menari-nari”

  • Bagikan
Kuliner Bandung
Batagor Bandung. Foto : Istimewa

zoz.my.id – Kota Bandung, Jawa Barat, selain terkenal dengan julukan ‘Kota Kembang’ juga terkenal dengan berbagai ragam kuliner yang enak-enak membuat lidah “menari-nari”.

Dengan harga relatif murah dan terjangkau, kuliner di Bandung tersuguh dari mulai di resto-resto sampai di kaki lima pinggir jalan pun pengunjung bisa menemukannya.

Juga aneka macam menu makanan, mulai dari kuliner lokal sampai makanan western ada di Bandung. Bahkan jajanan yang unik dan legendaris yang ada sejak puluhan tahun lalu, pengunjung juga bisa menemukan sebagai bagian dari kuliner Bandung.

Berikut beberapa macam kuliner Bandung Jawa barat:

Kuliner Bandung
Kuliner Bandung Jawa Barat Nasi Goreng Mafia/Foto: Istimewa.

NASI GORENG MAFIA

Kuliner Bandung memang terkenal dengan orang-orangnya yang kreatif. Nasi goreng mafia pun bisa mereka ciptakan. Saat ini nasi goreng mafia sudah menyebar ke kota-kota besar seperti jakarta, Garut, Cimahi, Bogor, Yogyakarta, bahkan sudah sampai Bali.

Nasi goreng mafia tak seseram namanya. Tapi rasa pedasnyanya memang benar-benar kaya mafia. Bumbu yang terpakai dalam membuat nasi goreng mafia adalah aneka rempah-remaph asli Indonesia.

Ada satu bumbu yang membuat nasi goreng mafia berbeda dari nasi goreng pada umunnya yaitu kencur.

Menu favorit di tempat ini adalah Nasi Goreng Gangster. Terbuat dari racikan dari 15 macam bumbu rahasia yang hanya tahu oleh orang-orang yang berkepentingan saja.

Ada juga nasi goreng Preman. Warna nasi goreng preman hijau, hasil dari racikan rempah ditambah bumbu kencur yang dominan akan memberikan tonjokan mematikan dimulut dan perut.

Nasi Goreng Mafia berlokasi di Jalan Merdeka No 56 BIP Lantai 3 No 08 B, Citarum Bandung Wetan. Buka setiap hari pada pukul 09.30-23.30, dengan harga sekitar Rp 50.000.

Kuliner Kota Kembang Bandung Jawa Barat Nasi Kalong/Foto: Istimewa.

NASI KALONG

Tidak seperti nasi umumnya yang berwarna putih, Nasi Kalong memiliki warna hitam keunguan yang berasal dari kluwek.

Saat memesan nasi kalong, pengunjung juga bisa menambah lauk lain seperti tumis buncis bakar dan ayam goreng madu yang tak kalah nikmat.

Nasi ada dua, yaitu nasi kalong dan nasi merah. Berjajar lauk pauk, mulai dari ayam, ikan, seafood, ataupun daging halal. Juga tersaji sayur tumis buncis yang sangat enak.

Pengunjung boleh mengambil sendiri menu yang sesuai keinginan. Pembayaran dilakukan setelah ambil makanan.

Rahasia kelegitan buncis bakar rumah makan ini terletak pada bumbunya, seperti serbuk bawang putih, bawang merah, lengkuas, serta jahe.

Ayam goreng madu menjadi favorit pelanggan di lokasi kuliner ini. Dagingnya berasa empuk, termasak dengan potongan kecil-kecil menggunakan bumbu, manis seperti madu sampai meresap ke dalam daging ayamnya.

Makanan di sini kebanyakan tidak berlemak dan tidak bersantan.

Nasi Kalong berlokasi di Jalan R.E. Martadinata (Jalan Riau) Nomor 57, persis di samping Gereja HKBP, Kota Bandung, Jawa Barat. Buka setiap hari, jam19.00 sampai 03.00 dini hari, dan harga Rp 50.000-Rp 100.000.

kuliner kota kembang bandung jawa barat
Makanan khas Bandung Jawa Barat Batagor Hanjuang/Foto: Istimewa.

BATAGOR HANJUANG

Siapa yang tidak kenal dengan batagor. Kuliner Bandung satu ini sudah sangat familier, dan sudah menjelajah ke pelosok Indonesia.

Salah satu penjual Batagor yang bisa Anda coba adalah Batagor gerobag di depan Rumah Makan Anugrah, di Jalan Astina (belakang Istana Plaza).

Batagornya gak terlalu berminyak, ikan tengirinya cukup terasa, dan bumbu kacangnya juga enak.

Untuk khas kuliner kaki lima, Batagor Hanjuang ini top banget rasanya, murah dan enak.

Kuliner Kota Kembang Bandung Jawa Barat Nasi Tutug Oncom/Foto: Istimewa.

NASI TUTUG ONCOM

Bagi warga luar Sunda pasti asing mendengar Kuliner Bandung yang satu ini. Nasi Tutug Oncom ini berasal dari daerah Tasikmalaya, dan sering menemukannya di rumah makan khas Sunda.

Perpaduan nasi yang dicampur oncom saja sudah nikmat, apalagi ditambah ayam goreng, tahu tempe, lalapan dan sambal.

Salah satu tempat makan yang di rekommended untuk makan nasi tutug oncom di Bandung adalah di Sangrai depan FO Heritage, masuk dari Jalan Banda.

Di sana pengunjung bisa menukar ayam gorengnya dengan burung puyuh yang memang spesialti menu di Sangrai.

Kuliner Kota Kembang Bandung Nasi Cikur/Foto: Istimewa.

NASI CIKUR

Jika ke Bandung, Anda juga bisa mencoba makanan khas Sunda lainnya, yaitu nasi cikur.

Nasi cikur bisa padukan dengan tumis sayur, ayam goreng atau bakar, gepuk, lalapan, dan sambal.

Salah satu warung di Bandung yang menu spesialnya nasi cikur adalah warung Inul di daerah Dago Resort.

Sudah dua kali pindah tempat, lokasi terakhirnya saat ini dekat Marbella Suite Hotel di Area Dago Resort, dan buka setiap hari jam 7.00 sampai jam 21.00.(Manu)

Melansir dari berbagai sumber.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *